Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat

Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat - Sedulor Klenik, dunia supranatural atau orang biasa menyebutnya sebuah mitos, klenik,mistik bahkan berbau goib dan menyan tidak terlepas dengan adanyan Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat. Disadari atau tidak masayarakat sering kali malu-malu untuk menyakininya bahkan ada yang menolak akan keberadaannya. Dan tidak sedikit pula yang menyetujui atau bahkan menjadikan suatu hal yang wajar untuk hal seperti itu. Dan disisi lain dari itu ada pula yang cuma mengaitkanya dengan yang bernama budaya atau tradisi semata tanpa adanya hal yang mendasar dari pada sumber yang berkaitan dengan Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat. Dan percaya atau tidak masyarakatpun baru-baru ini acuh tak acuh dengan hal itu. Terlepas dari itu semua mari kita meandangnya sebuah hal keniscayaan yang ada dan sebagai khasanah budaya local yang patutu untuk kita hormati.

Klenik dan Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat memang asik untuk diperbincangkan dan terkadang membuat kita sendiri penasaran akan hal itu.Menurut wikipedia.org --Klenik (di dalam bahasa Jawa) adalah sesuatu yang tersembunyi atau hal yang dirahasiakan untuk umum. Klenik identik dengan hal-hal mistis yang cenderung berkonotasi negatif. Kamus besar bahasa Indonesia dalam versi daring[1] menempatkan klenik sebagai sebuah aktivitas perdukunan. Klenik juga dikaitkan dengan banyak hal yang tidak dapat dicerna dengan akal namun dipercaya oleh banyak orang. Dalam kultur Jawa ada ilmu yang disebut ilmu tua. Yaitu, ilmu yang diajarkan kepada mereka yang sudah matang dalam kesadarannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak disalahgunakan, atau disalahartikan. Ilmu yang demikian ini adalah klenik.

Ilmu Klenik adalah Pengetahuan yang menjelaskan hal-hal yang gaib. Hal-hal yang bersifat tersembunyi. Wilayah misteri. Salah satu ilmu atau pengetahuan yang ada diwilayah klenik adalah agama. Banyak hal dalam agama yang tidak dapat diuji kebenarannya (diverifikasi). Kebenarannya hanya bisa dimengerti oleh mereka yang menempuh ilmu makrifat. Bagi orang awam kebenaran agama cukup diyakini. Ini klenik namanya! Namun jangan salah terima, ini tidak berarti agama menyesatkan orang. Tidak demikian. Hal-hal yang bersifat klenik pun dimaksudkan untuk kesejahteraan manusia. Bukan untuk mendorong manusia ke dunia gelap. Banyak orang yang salah anggapan. Klenik disamakan dengan upaya mengarang agar cocok hasilnya. Orang yang menganggap klenik sebagai othak-athik mathuk, maka ia dapat disamakan dengan Marx yang menganggap agama sebagai candu. Sungguh naif apabila kita tidak memahami suatu ilmu, lalu ilmu itu kita golongkan ke dalam tahayul atau klenik yang selama ini dipahami oleh banyak orang, yaitu othak-athik mathuk.

Klenik sering dikaitkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ghaib, paranormal, dukun, mahluk halus, jimat, jin, siluman dan sejenisnya. Jika kita bicara klenik maka yang dipikirkan adalah hal-hal yang tidak dapat dilihat dengan mata dan dianggap mempunyai hubungan langsung dengan manusia. Heboh di dunia klenik dan kaitannya dengan politisi dimulai ketika Akademisi dan Sejarawan JJ Rizal menilai banyak politikus melakukan hal-hal berbau klenik untuk memperlancar karir politik, termasuk salah satu pelakunya adalah PPL. Tindakan PPL nyekar ke makam Pangeran Jayakarta sebelum naik menjadi Gubernur adalah salah satu bagian dari aktivitas klenik yang dilakukan. Wasekjen PDIP DMP Kristianto menegaskan aktivitas nyekar ke makam Pangeran Jayakarta sebelum PPL naik jadi Gubernur tak bisa diartikan sebagai klenik. Dia menilai nyekar ke sebuah makam itu merupakan hal yang biasa di Indonesia."Nyekar itu bukan bagian dari klenik, nyekar itu bagian dari budaya," kata DMP saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/11/2013).Pada dasarnya nyekar ke makam merupakan satu dari sekian tradisi yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Jawa. "Kalau nyekar makam itu disebut klenik, berarti misalnya presiden nyekar ke makam pahlawan juga disebut klenik," ujarnya.

DMP mengingatkan, dalam memberikan penilaian terhadap klenik harus diperjelas seperti apa konteksnya. Dia tak setuju jika kegiatan nyekar disebut sebagai salah satu aktivitas berbau klenik."Tolong diperjelas dulu definisi klenik yang dimaksud itu seperti apa," jelas DMP. Bagi para akademisi, yang selalu menggunakan pola pemikiran ilmiah maka klenik dianggap musrik dan sudah tidak jamannya dipakai pada jaman sekarang ini. Boleh dibilang mereka membuat pernyataan ngawur begitu karena itu memang bukan ranah dan wilayah kekuasaan keilmuan mereka. Sama saja orang ekonomi bicara ilmu tehnik, orang tehnik bicara ekonomi makro. Tidak nyambung, mungkin bisa jadi sangat tidak pas. Ibarat bicara matematika geometri kepada orang buta huruf, bicara rumus integral kepada anak playgroup, bukan pada tempatnya. Hal yang sama, ketika para pelaku spiritual, klenikus memberikan tanggapan, mereka tidak dapat menjelaskan gambaran secara utuh hubungan antara dunia nyata dan dunia ghaib, dua dunia dalam satu kesatuan. Karena berbicara dengan para akademisi artinya berbicara menggunakan pemikiran ilmiah dan intelektual, dan lagi-lagi, biasanya ini menjadi tidak nyambung, karena memang bukan ranah dan wilayahnya. Akhirnya dua dunia ini hidup sendiri-sendiri.

Saya akan jelaskan secara utuh kaitan dunia nyata dan kaitannya dengan dunia ghaib, dunia klenik. Sebenarnya dua bagian ini berhubungan langsung satu dengan yang lain. Alam semesta terdiri dari dua dunia, dunia nyata dan dunia tidak nyata. Dunia nyata adalah dunia yang dapat dilihat dengan indra penglihatan secara langsung, sedangkan dunia tidak nyata adalah dunia yang tidak dapat dilihat secara langsung menggunakan indra penglihatan secara langsung. Dunia tidak nyata ini sering disebut dengan dunia ghaib, klenik, perdukunan.

Dapat sedikit memberikan inspirasi berata pentingnya untuk memperdalam ilmu Agama baik itu Tauhid maupun syariat sebagai bekal pondasi untuk mencapai tinggat ketaqwaan dan derajat yang tinggi.Sehinga semoga melalui ulasan Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat, Kita dapat memmetik pelajaran yang terkandung didalamnya dan mampu mengamalkanya.Dengan Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat kita bisa ambil yang baiknya saja

Tentang Ruqyah Massal
Musdar Bustamam Tambusai

=====================

Ruqyah Massal itu sudah ada sejak awal-awal ruqyah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan mereka mengenalnya melalui acara ruqyah massal tsb. Tidak ada yg mempermasalahkan kecuali segelintir orang yg akhirnya juga legowo seiring waktu berjalan. Dan akhirnya menyisakan sedikit dari segelintir orang yg mempersoalkan ruqyah massal tsb.

Sudah banyak ulama dan kitab yg membahas masalah ini dan relatif tidak mempermasalahkannya kecuali orang-orang yg memang susah utk menerima pembolehan itu.

Dalam hal-hal seperti ini, ulama Saudi dan orang-orang yg dikenali sbg kelompok salafi, pendapatnya sangat keras. Tapi, Lajnah Fatwa dan Riset Arab Saudi melalui Syekh Al-Jibrin justru membolehkan ruqyah massal.

Sejak awal tahun 2000-an, ruqyah massal kerap dilaksanakan di masjid-masjid bahkan disiarkan di televisi. Melalui acara itulah masyarakat mengenal ruqyah.

Kini, ruqyah massal masih sering dilakukan terutama dalam sesi khusus training ruqyah syar'iyyah yg dilaksanakan oleh komunitas-komunitas ruqyah tertentu.

Hampir tidak ada yg mempersoalkan. Jika masih ada, mungkin mereka adalah sisa-sisa yg masih menolak.

Semua boleh berpendapat apa pun yg dia yakini sbg kebenaran. Tapi, tentang ruqyah massal ini, saya hanya ingin mengatakan bahwa ruqyah massal hanyalah sebuah metode dan sarana dakwah. Yg namanya sarana, masuk ke dalam kategori "al-mutaghayyiraat" bukan "tsawaabit" yg tidak boleh berubah.

Kesimpulan saya mengenai ruqyah massal :

(1). Ruqyah massal adalah sarana sosialisasi sebuah solusi Islami agar diketahui dan diamalkan umat.

(2). Ruqyah massal adalah sarana pendeteksian awal terhadap berbagai persoalan masyarakat. Untuk penyelesaian masalah, ruqyah secara individu tetap merupakan cara terbaik.

(3). Ruqyah massal adalah syiar. Disaat gereja-gereja gencar melakukan acara pengobatan dgn cara-cara yg mereka yakini, kita umat Islam harus memperlihatkan syiar Islam.

(4). Ruqyah massal tidak boleh berdiri sendiri tanpa muatan ceramah kajian keislaman yg berkaitan dengan akidah, syariah dan akhlak. Dalam acara ruqyah massal, pencerahan masyarakat menjadi target utama agar umat terjauhkan dari praktik syirik dan terhindar dari penyesatan dlm bingkai terapi.

(5). Menurut pengalaman, ruqyah massal menjadi tren baru kegiatan keislaman disaat umat sudah mulai jenuh dengan model kegiatan ceramah yg monoton.

(6). Ruqyah massal mampu menarik massa yg cukup signifikan dari berbagai usia dan kelas sosial untuk dakwah Islam yg lebih mencerahkan.

Ini saja, sekedar mengingatkan diri saya sendiri dan bagi yg berkenan saja.

Wallahu muwafiq ilaa aqwamith thariq.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Urgensi Ruqyah Massal Bagi Masyarakat"

Post a Comment