APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR?

APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR? - Sedulor Klenik, dunia supranatural atau orang biasa menyebutnya sebuah mitos, klenik,mistik bahkan berbau goib dan menyan tidak terlepas dengan adanyan APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR?. Disadari atau tidak masayarakat sering kali malu-malu untuk menyakininya bahkan ada yang menolak akan keberadaannya. Dan tidak sedikit pula yang menyetujui atau bahkan menjadikan suatu hal yang wajar untuk hal seperti itu. Dan disisi lain dari itu ada pula yang cuma mengaitkanya dengan yang bernama budaya atau tradisi semata tanpa adanya hal yang mendasar dari pada sumber yang berkaitan dengan APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR?. Dan percaya atau tidak masyarakatpun baru-baru ini acuh tak acuh dengan hal itu. Terlepas dari itu semua mari kita meandangnya sebuah hal keniscayaan yang ada dan sebagai khasanah budaya local yang patutu untuk kita hormati.

Klenik dan APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR? memang asik untuk diperbincangkan dan terkadang membuat kita sendiri penasaran akan hal itu.Menurut wikipedia.org --Klenik (di dalam bahasa Jawa) adalah sesuatu yang tersembunyi atau hal yang dirahasiakan untuk umum. Klenik identik dengan hal-hal mistis yang cenderung berkonotasi negatif. Kamus besar bahasa Indonesia dalam versi daring[1] menempatkan klenik sebagai sebuah aktivitas perdukunan. Klenik juga dikaitkan dengan banyak hal yang tidak dapat dicerna dengan akal namun dipercaya oleh banyak orang. Dalam kultur Jawa ada ilmu yang disebut ilmu tua. Yaitu, ilmu yang diajarkan kepada mereka yang sudah matang dalam kesadarannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak disalahgunakan, atau disalahartikan. Ilmu yang demikian ini adalah klenik.

Ilmu Klenik adalah Pengetahuan yang menjelaskan hal-hal yang gaib. Hal-hal yang bersifat tersembunyi. Wilayah misteri. Salah satu ilmu atau pengetahuan yang ada diwilayah klenik adalah agama. Banyak hal dalam agama yang tidak dapat diuji kebenarannya (diverifikasi). Kebenarannya hanya bisa dimengerti oleh mereka yang menempuh ilmu makrifat. Bagi orang awam kebenaran agama cukup diyakini. Ini klenik namanya! Namun jangan salah terima, ini tidak berarti agama menyesatkan orang. Tidak demikian. Hal-hal yang bersifat klenik pun dimaksudkan untuk kesejahteraan manusia. Bukan untuk mendorong manusia ke dunia gelap. Banyak orang yang salah anggapan. Klenik disamakan dengan upaya mengarang agar cocok hasilnya. Orang yang menganggap klenik sebagai othak-athik mathuk, maka ia dapat disamakan dengan Marx yang menganggap agama sebagai candu. Sungguh naif apabila kita tidak memahami suatu ilmu, lalu ilmu itu kita golongkan ke dalam tahayul atau klenik yang selama ini dipahami oleh banyak orang, yaitu othak-athik mathuk.

Klenik sering dikaitkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ghaib, paranormal, dukun, mahluk halus, jimat, jin, siluman dan sejenisnya. Jika kita bicara klenik maka yang dipikirkan adalah hal-hal yang tidak dapat dilihat dengan mata dan dianggap mempunyai hubungan langsung dengan manusia. Heboh di dunia klenik dan kaitannya dengan politisi dimulai ketika Akademisi dan Sejarawan JJ Rizal menilai banyak politikus melakukan hal-hal berbau klenik untuk memperlancar karir politik, termasuk salah satu pelakunya adalah PPL. Tindakan PPL nyekar ke makam Pangeran Jayakarta sebelum naik menjadi Gubernur adalah salah satu bagian dari aktivitas klenik yang dilakukan. Wasekjen PDIP DMP Kristianto menegaskan aktivitas nyekar ke makam Pangeran Jayakarta sebelum PPL naik jadi Gubernur tak bisa diartikan sebagai klenik. Dia menilai nyekar ke sebuah makam itu merupakan hal yang biasa di Indonesia."Nyekar itu bukan bagian dari klenik, nyekar itu bagian dari budaya," kata DMP saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/11/2013).Pada dasarnya nyekar ke makam merupakan satu dari sekian tradisi yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Jawa. "Kalau nyekar makam itu disebut klenik, berarti misalnya presiden nyekar ke makam pahlawan juga disebut klenik," ujarnya.

DMP mengingatkan, dalam memberikan penilaian terhadap klenik harus diperjelas seperti apa konteksnya. Dia tak setuju jika kegiatan nyekar disebut sebagai salah satu aktivitas berbau klenik."Tolong diperjelas dulu definisi klenik yang dimaksud itu seperti apa," jelas DMP. Bagi para akademisi, yang selalu menggunakan pola pemikiran ilmiah maka klenik dianggap musrik dan sudah tidak jamannya dipakai pada jaman sekarang ini. Boleh dibilang mereka membuat pernyataan ngawur begitu karena itu memang bukan ranah dan wilayah kekuasaan keilmuan mereka. Sama saja orang ekonomi bicara ilmu tehnik, orang tehnik bicara ekonomi makro. Tidak nyambung, mungkin bisa jadi sangat tidak pas. Ibarat bicara matematika geometri kepada orang buta huruf, bicara rumus integral kepada anak playgroup, bukan pada tempatnya. Hal yang sama, ketika para pelaku spiritual, klenikus memberikan tanggapan, mereka tidak dapat menjelaskan gambaran secara utuh hubungan antara dunia nyata dan dunia ghaib, dua dunia dalam satu kesatuan. Karena berbicara dengan para akademisi artinya berbicara menggunakan pemikiran ilmiah dan intelektual, dan lagi-lagi, biasanya ini menjadi tidak nyambung, karena memang bukan ranah dan wilayahnya. Akhirnya dua dunia ini hidup sendiri-sendiri.

Saya akan jelaskan secara utuh kaitan dunia nyata dan kaitannya dengan dunia ghaib, dunia klenik. Sebenarnya dua bagian ini berhubungan langsung satu dengan yang lain. Alam semesta terdiri dari dua dunia, dunia nyata dan dunia tidak nyata. Dunia nyata adalah dunia yang dapat dilihat dengan indra penglihatan secara langsung, sedangkan dunia tidak nyata adalah dunia yang tidak dapat dilihat secara langsung menggunakan indra penglihatan secara langsung. Dunia tidak nyata ini sering disebut dengan dunia ghaib, klenik, perdukunan.

Dapat sedikit memberikan inspirasi berata pentingnya untuk memperdalam ilmu Agama baik itu Tauhid maupun syariat sebagai bekal pondasi untuk mencapai tinggat ketaqwaan dan derajat yang tinggi.Sehinga semoga melalui ulasan APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR?, Kita dapat memmetik pelajaran yang terkandung didalamnya dan mampu mengamalkanya.Dengan APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR? kita bisa ambil yang baiknya saja

APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR?
Salahudin Sunan Al-sasaki

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده وعلى آله وصحبه وسلم تسليماّ كثيراً مزيداً إلى يوم الدين.اما بعد:

Perlu di ketahui bahwa hasad(ain) adalah penyakit yang paling berbahaya daripada sihir. Orang-orang diluar sana lupa bahwa hasad (ain)adalah penyakit yang begitu mematikan, dan jarang sekali dibicarakan.

Orang-orang diluar sana kesehariannya lebih banyak hanya berbicara tentang sihir, kanker, jantung, dll. Mereka secara tidak sadar atau bahkan tidak percaya bahwa didunia ini ada penyakit yang jauh lebih fatal dari pada apa yang selalu menjadi buah bibir mereka.

Kalau kita tadabburi hadits-hadits tentang hasad (ain), maka kita akan menemukan kenyataan bahwa memang hasad (ain) ini ternyata jauh lebih berbahaya dari sihir, dan penyakit-penyakit lainnya.

Untuk itu mari kita buktikan dengan hadits-hadits berikut.

Pertama:
أكثر من يموت من أمتي بعد قضاء الله وقدره بالأنفس" يعني: بالعين
"Kebanyakan yang mati pada ummatku setelah qadha dan qadarnya Allah adalah karena pengaruh pandangan mata jahat.” (HR. Al-Bukhari).

Didalam hadits diatas, Nabi kita shallallohu 'alaihi wa sallam menggunakan kata "kebanyakan", dan ini diantara alasan kita mengatakan bahwa hasad (ain) itu lebih berbahaya dari sihir.

Kedua:
عن جابر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم العين تدخل الرجل القبر و تدخل الجمل القدر
"Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam : “Al-‘Ain adalah haq (benar), dapat memasukkan seseorang ke dalam kuburan dan dapat memasukkan onta ke dalam kuali.” (HR. Ibnu ‘Adi 6/407, Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah 7/90, Al-Khathiib 9/244, Al-Qadlaa’i 2/140 no. 1059).

Dalam hadits kedua ini saya lebih fokus pada kalimat terakhir "dan dapat memasukkan onta ke dalam kuali". Kenapa disebutkan onta disini? Ternyata onta adalah binatang yang kuat dan sangat spesial. Bayangkan! Onta bisa tidak minum selama seminggu walaupun berjalan dipadang pasir yang sangat panas. Bayangkan! Onta tahan terhadap cuaca panas maupun dingin, dan masih banyak keajaiban tentang penciptaan onta ini hingga الله عزوجل mengajak kita berpikir tentang penciptaannya dalam surah Al-Ghasyiyah ayat 17:

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ
"Maka tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana diciptakan?".

Barulah sekarang kita faham kenapa Nabi صلى الله عليه وسلم menggunakan onta sebagai perumpamaan didalam hadits tersebut diatas. Hasad (ain) bisa menjatuhkan onta yang kuat, lalu disembelih, dan dimasukkan ke dalam kuali untuk dimasak.

Ketiga: Hasad (ain) langsung di aktifkan oleh setan tanpa ada taklif dari manusia, sedangkan sihir ada taklif dari tukang sihir kepada jin. Hasad (ain) khodamnya setan, sedangkan sihir khodamnya jin. Jin ini bisa muslim atau kafir, sedangkan setan adalah kafir yang sama sekali tidak ada kebaikannya. Setan akan langsung membuat orang yang tertimpa hasad (ain) sangat sakit tanpa paksaan, tanpa ada tugas dari manusia, dan ini yang membuat begitu fatal, sedangkan sihir ada paksaan dari manusia. Jin ini bisa saja berkhianat dan tidak melakukan perintah tukang sihir. Lain dengan setan yang didalam dirinya hanya ada keburukan dan permusuhan terhadap manusia. Harap di catat dengan baik-baik.

Saya merasa dalil-dalil diatas sudah cukup untuk mendukung pendapat bahwa hasad (ain) adalah penyakit yang jauh lebih berbahaya dari sihir, dan penyakit-penyakit lainnya.

Berikut ciri-ciri hasad (ain) yang perlu kita ketahui agar kita bisa lebih mawas diri, lalu kita bisa rutin melakukan pembentengan agar الله سبحانه وتعالى memelihara kita dari tertimpa hasad (ain).

1. Merasa bangga, dan selalu merasa menjadi pusat perhatian orang lain. Selalu beranggapan semua perbuatan, dan perkataannya, atau nikmat yang ada padanya selalu mendatangkan perhatian orang lain, dan merasa pandangan orang lain kepadanya semakin kuat. Dia merasa orang-orang disekelilingnya menampakkan kekagumannya kepadanya walaupun pada masalah-masalah yang biasa/sepele. Dia merasa lebih unggul dari orang lain. Sebenarnya perasaan-perasaan diatas di timbulkan oleh setan yang ada ditubuh dengan tujuan agar orang ini semakin banyak ainnya agar setan ini semakin kuat.

2. Kurus kering, karena tidak ada nafsu makan.

3. Untuk bayi biasanya nangis terus karena tubuhnya panas atau dingin. Menangis adalah cara bayi berbicara untuk mengungkapkan keinginannya.

4. Dada terasa sesak hingga kepengen menangis, lemas banget, dan cemas. Ini bisa mendorong untuk bunuh diri agar terlepas dari keadaan diatas. Bisa orang ini sering mimpi jatuh dari ketinggian, atau mimpi akan dibunuh, di lempar, takut akan kematian, atau di tusuk.

5. Syaf'ah. Perubahan warna kulit aslinya, terutama wajah. Jadi wajah keliatan bernoda yang membedakannya dari kulit aslinya.

6. Mimpi kuburan, jenazah, atau masuk ke dalam kubur.

7. Berubahnya suhu tubuh antara panas dan dingin yang tidak biasanya hingga terasa letih sekali.

8. Pingsan mendadak, mati mendadak, atau ditimpa penyakit mematikan dengan tiba-tiba.

9. Hati terikat terhadap orang yang melemparkan ain. Terasa tidak nyaman lagi berteman dengannya. Bila bertemu dada terasa sesak. Tidak suka lagi padanya tanpa ada sebab.

10. Ketika diruqyah mata berkedip-kedip, mata terasa ditusuk, mata terus digosok, atau air mata keluar tanpa nangis.

11. Detak jantung kencang, hingga takut mati.

12. Bermuram terus, atau diam terus yang sebelumnya biasanya ramah. Memandang negatif kehidupan hingga berharap mati saja.

13. Banyak pipis.
14. Rasa takut, atau antipati terhadap tempat atau orang tertentu seperti; kantor, sekolah, rumah, atau kampus dimana sebelumnya dia senang terhadap tempat-tempat tersebut.

15. Ngantuk dan malas berat ketika beraktifitas.

16. Mimpi tentang mata seperti; melihat mata, atau melihat orang-orang memandangnya.

17. Sering mimpi tenggelam, mimpi kencing, dan melihat kemaluannya.

18. Sering menguap ketika beribadah, atau ketika di ruqyah.

Demikian semoga bermanfaat. Aamiiin.
وصل الله على محمد وآله وصحبه وسلم.والحمد لله رب العالمين. والله تعالى اعلى واعلم

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APAKAH HASAD (AIN) LEBIH BERBAHAYA DARI SIHIR?"

Post a Comment