DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH

DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH - Sedulor Klenik, dunia supranatural atau orang biasa menyebutnya sebuah mitos, klenik,mistik bahkan berbau goib dan menyan tidak terlepas dengan adanyan DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH. Disadari atau tidak masayarakat sering kali malu-malu untuk menyakininya bahkan ada yang menolak akan keberadaannya. Dan tidak sedikit pula yang menyetujui atau bahkan menjadikan suatu hal yang wajar untuk hal seperti itu. Dan disisi lain dari itu ada pula yang cuma mengaitkanya dengan yang bernama budaya atau tradisi semata tanpa adanya hal yang mendasar dari pada sumber yang berkaitan dengan DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH. Dan percaya atau tidak masyarakatpun baru-baru ini acuh tak acuh dengan hal itu. Terlepas dari itu semua mari kita meandangnya sebuah hal keniscayaan yang ada dan sebagai khasanah budaya local yang patutu untuk kita hormati.

Klenik dan DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH memang asik untuk diperbincangkan dan terkadang membuat kita sendiri penasaran akan hal itu.Menurut wikipedia.org --Klenik (di dalam bahasa Jawa) adalah sesuatu yang tersembunyi atau hal yang dirahasiakan untuk umum. Klenik identik dengan hal-hal mistis yang cenderung berkonotasi negatif. Kamus besar bahasa Indonesia dalam versi daring[1] menempatkan klenik sebagai sebuah aktivitas perdukunan. Klenik juga dikaitkan dengan banyak hal yang tidak dapat dicerna dengan akal namun dipercaya oleh banyak orang. Dalam kultur Jawa ada ilmu yang disebut ilmu tua. Yaitu, ilmu yang diajarkan kepada mereka yang sudah matang dalam kesadarannya. Hal ini dimaksudkan agar tidak disalahgunakan, atau disalahartikan. Ilmu yang demikian ini adalah klenik.

Ilmu Klenik adalah Pengetahuan yang menjelaskan hal-hal yang gaib. Hal-hal yang bersifat tersembunyi. Wilayah misteri. Salah satu ilmu atau pengetahuan yang ada diwilayah klenik adalah agama. Banyak hal dalam agama yang tidak dapat diuji kebenarannya (diverifikasi). Kebenarannya hanya bisa dimengerti oleh mereka yang menempuh ilmu makrifat. Bagi orang awam kebenaran agama cukup diyakini. Ini klenik namanya! Namun jangan salah terima, ini tidak berarti agama menyesatkan orang. Tidak demikian. Hal-hal yang bersifat klenik pun dimaksudkan untuk kesejahteraan manusia. Bukan untuk mendorong manusia ke dunia gelap. Banyak orang yang salah anggapan. Klenik disamakan dengan upaya mengarang agar cocok hasilnya. Orang yang menganggap klenik sebagai othak-athik mathuk, maka ia dapat disamakan dengan Marx yang menganggap agama sebagai candu. Sungguh naif apabila kita tidak memahami suatu ilmu, lalu ilmu itu kita golongkan ke dalam tahayul atau klenik yang selama ini dipahami oleh banyak orang, yaitu othak-athik mathuk.

Klenik sering dikaitkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ghaib, paranormal, dukun, mahluk halus, jimat, jin, siluman dan sejenisnya. Jika kita bicara klenik maka yang dipikirkan adalah hal-hal yang tidak dapat dilihat dengan mata dan dianggap mempunyai hubungan langsung dengan manusia. Heboh di dunia klenik dan kaitannya dengan politisi dimulai ketika Akademisi dan Sejarawan JJ Rizal menilai banyak politikus melakukan hal-hal berbau klenik untuk memperlancar karir politik, termasuk salah satu pelakunya adalah PPL. Tindakan PPL nyekar ke makam Pangeran Jayakarta sebelum naik menjadi Gubernur adalah salah satu bagian dari aktivitas klenik yang dilakukan. Wasekjen PDIP DMP Kristianto menegaskan aktivitas nyekar ke makam Pangeran Jayakarta sebelum PPL naik jadi Gubernur tak bisa diartikan sebagai klenik. Dia menilai nyekar ke sebuah makam itu merupakan hal yang biasa di Indonesia."Nyekar itu bukan bagian dari klenik, nyekar itu bagian dari budaya," kata DMP saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/11/2013).Pada dasarnya nyekar ke makam merupakan satu dari sekian tradisi yang hidup dan berkembang dalam masyarakat Jawa. "Kalau nyekar makam itu disebut klenik, berarti misalnya presiden nyekar ke makam pahlawan juga disebut klenik," ujarnya.

DMP mengingatkan, dalam memberikan penilaian terhadap klenik harus diperjelas seperti apa konteksnya. Dia tak setuju jika kegiatan nyekar disebut sebagai salah satu aktivitas berbau klenik."Tolong diperjelas dulu definisi klenik yang dimaksud itu seperti apa," jelas DMP. Bagi para akademisi, yang selalu menggunakan pola pemikiran ilmiah maka klenik dianggap musrik dan sudah tidak jamannya dipakai pada jaman sekarang ini. Boleh dibilang mereka membuat pernyataan ngawur begitu karena itu memang bukan ranah dan wilayah kekuasaan keilmuan mereka. Sama saja orang ekonomi bicara ilmu tehnik, orang tehnik bicara ekonomi makro. Tidak nyambung, mungkin bisa jadi sangat tidak pas. Ibarat bicara matematika geometri kepada orang buta huruf, bicara rumus integral kepada anak playgroup, bukan pada tempatnya. Hal yang sama, ketika para pelaku spiritual, klenikus memberikan tanggapan, mereka tidak dapat menjelaskan gambaran secara utuh hubungan antara dunia nyata dan dunia ghaib, dua dunia dalam satu kesatuan. Karena berbicara dengan para akademisi artinya berbicara menggunakan pemikiran ilmiah dan intelektual, dan lagi-lagi, biasanya ini menjadi tidak nyambung, karena memang bukan ranah dan wilayahnya. Akhirnya dua dunia ini hidup sendiri-sendiri.

Saya akan jelaskan secara utuh kaitan dunia nyata dan kaitannya dengan dunia ghaib, dunia klenik. Sebenarnya dua bagian ini berhubungan langsung satu dengan yang lain. Alam semesta terdiri dari dua dunia, dunia nyata dan dunia tidak nyata. Dunia nyata adalah dunia yang dapat dilihat dengan indra penglihatan secara langsung, sedangkan dunia tidak nyata adalah dunia yang tidak dapat dilihat secara langsung menggunakan indra penglihatan secara langsung. Dunia tidak nyata ini sering disebut dengan dunia ghaib, klenik, perdukunan.

Dapat sedikit memberikan inspirasi berata pentingnya untuk memperdalam ilmu Agama baik itu Tauhid maupun syariat sebagai bekal pondasi untuk mencapai tinggat ketaqwaan dan derajat yang tinggi.Sehinga semoga melalui ulasan DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH, Kita dapat memmetik pelajaran yang terkandung didalamnya dan mampu mengamalkanya.Dengan DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH kita bisa ambil yang baiknya saja

DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH PASIEN
Salahudin Sunan Al-sasaki

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله و بعد:

KA GUMARANG, 27/08/2018

Di sela-sela waktu istirahat sambil menunggu masuk waktu magrib didalam KA Gumarang, tiba-tiba terlintas dalam benakku sekian banyak kasus gangguan jin yang mana jin didalam tubuh pasien begitu sulit untuk keluar. Banyak dari kasus-kasus ini berlangsung bertahun-tahun, hingga menyebabkan pasien-pasien ini merasa sudah kehabisan cara untuk terbebas dari penyakit yang sudah menggerogoti tubuh mereka.

Memikirkan masalah tersebut, tiba-tiba terlintas juga firman Allah subhaanahu wa Ta'aala, dan hadits Nabi shallallohu 'alaihi wa salam berikut:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِنَ الْإِنْسِ ۖ وَقَالَ أَوْلِيَاؤُهُمْ مِنَ الْإِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَبَلَغْنَا أَجَلَنَا الَّذِي أَجَّلْتَ لَنَا ۚ قَالَ النَّارُ مَثْوَاكُمْ خَالِدِينَ فِيهَا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۗ إِنَّ رَبَّكَ حَكِيمٌ عَلِيمٌ
"Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin! Kamu telah banyak (menyesatkan) manusia.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Rabb, kami telah saling mendapatkan kesenangan dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” Allah berfirman, “Nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain.” Sungguh, Rabbmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui".
(Al-An'am: 128).

Dari firman Allah diatas kita bisa mengambil manfaat sbb:

1. Saling mendapatkan kesenangan.

Sebab pertama ini jelas sudah dijelaskan dalam firman Allah subhaanahu wa Ta'aala diatas bahwa antara manusia dan jin saling mendapatkan kesenangan. Ketika jin ini masuk ke dalam tubuh, maka dia sudah mulai mendapatkan tempat untuk melangsungkan kehidupannya tanpa harus mengeluarkan tenaga untuk mendapatkan makanan, minuman, dan tempat tidur. Dia mendapatkan semua fasilitas tersebut dengan cuma-cuma. Jin ini juga bisa mendapatkan suatu kehormatan dari manusia seperti disembah, diagungkan, dan di taati.

Sedangkan manusia bisa mendapatkan dari penghormatannya kepada jin tersebut berupa berbagai macam bantuan yang dia inginkan dari jin tersebut.

Jin dan manusia bisa juga saling memberikan kesenangan untuk memuaskan syahwat mereka satu sama lain, dan ini dikenal dengan saling mencintai.

Apabila saling memberikan kesenangan ini terjadi, maka jin ini tidak ubahnya seperti kita manusia yang sudah lama mendiami suatu tempat yang terasa nyaman hingga tidak seorangpun yang berhak untuk mengusir kita. Demikian juga dengan jin yang sudah masuk ke tubuh. Dia sudah merasa betah, dan siapapun yang berusaha mengusirnya, maka jin ini akan mempertahankan keberadaannya dengan kuat.

Jadi saling memberi kesenangan ini merupakan diantara sebab yang membuat jin ditubuh susah untuk keluar.

2. Ketidak tahuan kita terhadap jenis penyakit pasien.

Untuk itu memahami sebab kedua ini, kita harus benar-benar memahami hadits berikut:

إِنَّ اللهَ لَمْ يَنْزِلْ دَاءً إِلاَّ أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً، عَلِمَهُ مَنْ عَلِمَهُ وَجَهِلَهُ مَنْ جَهِلَهُ
“Sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan sebuah penyakit melainkan menurunkan pula obatnya. Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Al-Hakim, beliau menshahihkannya dan disepakati oleh Adz-Dzahabi. Al-Bushiri menshahihkan hadits ini dalam Zawa'id-nya. Lihat takhrij Al-Arnauth atas Zadul Ma’ad, 4/12-13).

Hadits diatas begitu agung dan begitu banyak memberikan kita, khususnya para dokter, dan para peruqyah bahwa betapa pentingnya mengetahui jenis penyakit pasien kita, agar kita bisa memberikan obat yang tepat agar dapat mendatangkan kesembuhan. Masalah ini sudah sering saya bahas, dan berharap masalah ini, walaupun diulang-ulang, akan tetap menjadi diantara hal penting untuk menjadi perhatian kita.

Perlu diingat bahwa apapun jenis jin itu adalah bukan penyakit, tetapi dia hanya ciri dari penyakit. Bila pengertian ini bisa kita pikirkan, dan fahami, maka seorang peruqyah itu, apapun reaksi jin ketika diruqyah, maka reaksi itu bukan merupakan titik masalah yang harus menjadi perhatian utama sehingga hanya reaksi saja yg kita suguhkan, tetapi perhatian kita harus tertuju pada sebab timbulnya reaksi tersebut.

Reaksi-reaksi itu timbul karena adanya penyakit, dan penyakit ini tidak lain adalah sebab jin itu masuk. Bila kita kita mengetahui sebab jin ini masuk, maka akan sesuai dengan redaksi hadits diatas yaitu: "Obat itu diketahui oleh orang yang bisa mengetahuinya".

Jadi memberikan obat tentu setelah jenis penyakit diketahui. Sedangkan bila sebab jin nya masuk tidak diketahui, maka akan sesuai dengan redaksi hadits selanjutnya yaitu: "dan tidak diketahui oleh orang yang tidak bisa mengetahuinya". Artinya pemberian obat tidak cocok, sehingga penyakit tidak akan sembuh-sembuh.

Mudah2an tulisan ini bisa mendatangkan manfaat. Aamiiin.

Seandainya ada perbedaan dalam memahami masalah diatas itu merupakan hal yang lumrah, dan silahkan mengambil pendapat yang menurut kalian sesuai dengan apa yang kalian fahami.

وصل الله على محمد وأله وصحبه وسلم. والحمد لله رب العالمين. والله اعلى واعلم

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DUA SEBAB UTAMA KENAPA JIN ITU SULIT KELUAR DARI TUBUH"

Post a Comment